UEFA Rilis Putusan Final Liga Eropa 2019/2020 Pekan Depan
Logo Liga Eropa UEFA 2019-2020

Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Eropa (Exco UEFA) telah dijadwal untuk mengadakan rapat virtual pekan depan, yakni tepatnya hari Rabu, 17 / 6 / 2020 waktu setempat. Pada rapat itu, agenda penting yang akan diputuskan secara final adalah kejelasan Liga Eropa UEFA dan Liga Champion 2019 / 2020.

Sebagai imbas dari pandemi Corona, UEFA memang memutuskan untuk men stop semua ajang antar klub kawasan Eropa yang tengah berlangsung di musim ini. Setelah hampir 3 bulan jeda, UEFA akan kembali untuk mendiskusikan nasib Liga Eropa UEFA dan Liga Champion musim 2019 / 2020 ini.

”Penyelesaian Liga Champion dan Liga Eropa UEFA 2019 / 2020 adalah salah satu agenda penting yang akan dibicarakan di rapat. Termasuk dengan semua rincian-rincian penyelenggaraannya”, papar UEFA saat ditemui oleh Reuters kemarin (Kamis, 11 Juni 2020).

Sejauh ini, besar kemungkinan kalau laga final Liga Champion 2019 / 2020 bakal berlangsung di Stadion Attaturk, Istanbul, Turki pada tanggal 30 Mei yang akan datang. Adapun telah muncul wacana untuk menggulikan laga final Liga Eropa UEFA di Stadion Energa Gdansk, Polandia. kendati begitu, UEFA tetap harus membuat sejumlah pertimbangan yang masak seiring dengan harus dituntaskannya 2 kompetisi antar klub se Eropa itu, ditengah gencarnya serangan pandemi virus COVID – 19.

Opsi lain selain venue yang sedang gencar dirapatkan adalah terkait dengan format mini turnamen sebagai skenario alternatif menyelesaikan Liga Champion dan Liga Eropa UEFA. Jadi pada dasarnya semua laga sisa di perempat final dan semi final akan dilangsungkan di lokasi netral, tanpa ada sistem home dan away.

Berdasarkan catatan terakhir Liga Champion 2019 / 2020 sebelum diberhentikan sementara, UEFA telah menyelesaikan setengah dari partai 16 besar. Sejumlah klub seperti PSG (Paris Saint Germain), lalu Atalanta, RB Leipzig, serta Atletico Madrid tercatat pasti melangkah ke babak 8 besar. Sedangkan Chelsea, Juventus, Bayern Muenchen, Real Madrid, Lyon, Manchester City, Barcelona dan juga Napoli masih harus menguras keringat pada match laga leg 2 partai 16 besar.

Disisi lain, hal yang menyisakan pekerjaan rumah lebih banyak terjadi pada kompetisi antar klub se Eropa kasta kedua, alias Liga Eropa UEFA. Pada kompetisi ini baru 6 partai pada putaran 16 besar saja yang terselesaikan dan belum ada 1 partisipan pun yang mendapat tiket ke fase 8 besar.

Setelah hal-hal tersebut fix, maka rapat Komite Eksekutif UEFA juga akan segera merilis jadwal dan venue pertandingan final Piala Eropa UEFA 2020. Adapun Piala Eropa telah diputuskan untuk diundur ke musim panas 2021, walaupun belum diketahui venue dan tanggal pastinya.